Kamu lagi cari cara membuat blog pribadi? Kamu juga lagi cari cara menghasilkan uang dari internet? Nah, kali ini aku akan bahas tentang cara membuat blog pribadi dengan mudah dan cepat. Tentu aja kita akan membuat blog pribadi yang bisa menghasilkan uang dari internet.

Yuk, ikuti langkah-langkah membuat blog pribadi dari tutorial gratis ini dan siap-siap untuk menghasilkan uang dari internet:

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara membuat blog, aku akan masuk dengan menjawab beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan.

  • Apa itu blog?
  • Apa aja platform untuk membuat blog?
  • Apa perbedaan blog dan website?

Pertanyaan itu akan mengacaukan niat yang sudah kita rencanakan dikepala. Untuk itu, aku akan jelaskan secara singkat mengenai pertanyaan tersebut.


apa itu blog pribadi
Sumber gambar: Unsplash

Apa itu Blog?

Blog adalah jenis website yang berisi konten tulisan dengan berbagai macam topik. Mulai dari konten berbagi informasi, mencurahkan pikiran, atau bahkan mempromosikan suatu produk. Tidak hanya berisi tulisan saja, tetapi blog juga bisa dibumbui konten visual seperti foto, video, dan lain-lain.

Blog juga memiliki potensi sebagai tempat untuk sumber traffic, tempat berbagi informasi, atau bahkan bisa menghasilkan uang. Dengan belajar cara membuat blog, kamu dapat membangun portofolio pribadi yang juga berguna untuk kebutuhan karirmu di masa depan.

Platform Untuk Membuat Blog

Ada banyak sekali platform untuk membuat blog yang bisa kamu pakai. Ada beberapa dari platform tersebut yang tersedia gratis dan ada juga yang berbayar. Berikut ini adalah beberapa platform untuk membuat blog paling populer sebagai referensimu.

1. Blogger (Gratis)

Blogger
Sumber gambar: Blogger

Blogger (www.blogger.com) merupakan platform membuat blog gratis dari Google. Blogger pada dasarnya hampir mirip dengan wordpress.com, tapi dengan fitur yang lebih banyak. Tersedia blog builder yang mempunyai tampilan mudah dan simpel. Selain itu blog builder ini juga tanpa biaya.

Tapi, Blogger membatasi alamat blogmu dengan sub-domain (namamu.blogspot.com). Kamu juga bisa menggunakan nama domainmu sendiri.

2. WordPress.org (Paling Populer)

WordPress org
Sumber gambar: WordPress.org

WordPress.org merupakan platform membuat website yang paling sering dipakai para blogger. Selain karena gratis, kamu bisa menulis konten artikel dan mengubah desain blog dengan sesuka hati, atau bahkan bisa juga menginstall plugin. Tapi, untuk membuat blog di WordPress kamu harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu ya.

WordPress.org juga platform yang aku gunakan di tutorial cara membuat blog pribadi di artikel ini. Jadi tentu aja aku merekomendasikan platform ini untuk kamu yang mau membuat blog.

3. Medium

Medium
Sumber gambar: Medium

Medium seringnya dijadikan sebagai tempat untuk berbagi pengalaman dan cerita pribadi yang menarik. Medium mempunyai format yang hampir mirip dengan blog, tapi kamu menumpang di platformnya.

Di platform ini, kamu akan bersaing dengan penulis lain didalamnya. Kamu juga perlu menentukan niche atau topik yang tepat agar tulisanmu banyak yang baca.

4. WordPress.com

WordPress com
Sumber gambar: WordPress.com

Berikutnya adalah WordPress. WordPress.com adalah tempat membuat blog gratis yang mirip dengan WordPress.org. Platform ini menyediakan hosting gratis dan domain gratis, tetapi domain yang bisa kamu gunakan adalah sub-domain wordpress.com (namamu.wordpress.com).

Karena ini merupakan platform yang gratis, tentunya kamu tidak mendapat banyak kebebasan seperti WordPress.org. Contohnya pembatasan tema, plugin, iklan dan lain-lain.

Perbedaan Blog dan Website

Sebelum belajar cara membuat blog, kamu harus paham perbedaan antara blog dan website, salah satu yang paling umum adalah adanya kolom komentar. Blog umumnya mempunyai kolom komentar yang bisa dimanfaatkan untuk komunikasi dua arah antara audiens dan kamu sebagai blogger. Sedangkan website biasanya tidak memiliki kolom komentar.

Selain itu, blog bersifat fresh dan dinamis karena konten didalamnya mengalami pembaruan berkala. Sedangkan website biasanya bersifat statis karena halaman didalamnya jarang sekali diperbarui.

Yang terakhir, perbedaan paling menonjol adalah pada isi kontennya. Blog biasanya berisi tulisan yang membahas lingkup sebuah niche/topik, sedangkan website biasanya berisi tentang 1 konten spesifik tertentu.


Langkah-langkah Cara Membuat Blog

Setelah kita paham tentang beberapa platform untuk membuat blog dan perbedaan antara blog dan website, sekarang kita masuk ke langkah-langkah membuat blog.

Di panduan ini, aku akan menjelaskan cara membuat blog menggunakan WordPress.org. Yuk, kita langsung ke langkah-langkahnya:

1. Tentukan Nama dan Niche

Pilih nama dan niche untuk membuat blog pribadi
Sumber gambar: Business Name Generator

Saat pertama kali membuat blog, nama dan niche adalah hal yang paling penting. Aku jelaskan satu persatu:

  • Niche adalah sebuah topik pembahasan dalam konten blog.
  • Nama bisa jadi deskripsi paling singkat yang mencerminkan isi dari konten blog itu.

Artinya, nama dan niche sebuah blog harus saling berkaitan. Apalagi kalau kamu menargetkan topik general yang luas, tentu nama blogmu harus mencerminkan isi konten didalamnya.

Contoh: Kalau kamu memilih niche “Fashion” dan menargetkan kata kunci “Sepatu”, tentu nama blogmu harus kata-kata yang berkaitan dengan itu (Sepatu). Atau kalau kamu menargetkan niche “Fashion” secara general, kamu bisa menambahkan namamu sendiri, misalnya “Fashion by Cathlin”.

Kamu harus teliti saat memilih niche untuk blogmu. Jangan sampai niche yang kamu pilih malah mempersulit proses pembuatan kontenmu.

2. Tentukan Layanan Hosting

Karena di panduan cara membuat blog ini aku menggunakan WordPress.org, jadi kita memerlukan yang namanya web hosting.

Ada banyak perusahaan penyedia layanan web hosting. Kamu bisa klik disini untuk belajar cara memilih web hosting terbaik untuk membuat blog dan website.

Di artikel ini aku akan menggunakan layanan web hosting dari Hostinger. Karena Hostinger memiliki fitur yang cukup unggul sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting.

Hostinger untuk membuat blog pribadi
Sumber gambar: Hostinger

Hostinger memiliki beberapa layanan hosting, antara lain:

  • WordPress Hosting: Jenis layanan hosting paling optimal untuk membuat blog atau website di WordPress.
  • Web Hosting: Jenis layanan hosting yang ditujukan untuk website dengan skala kecil sampai medium.
  • Cloud Hosting: Jenis layanan hosting yang memiliki fasilitas Cloud Server dan kemudahan Shared Hosting.
  • VPS Hosting: Jenis layanan hosting yang berupa Server virtual dengan tujuan fleksibilitas untuk website skala besar dan web aplikasi.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan untuk masing masing jenis layanan hosting tersebut. Untuk kamu yang mau membuat blog pribadi, aku sarankan untuk memilih jenis layanan WordPress Hosting, karena akan sangat optimal intuk blogmu nanti.

3. Memilih Nama Domain

Pilih nama domain di Hostinger
Sumber gambar: Hostinger

Setelah kamu menentukan jenis layanan hosting, kamu harus memilih nama domain. Langkah ini sama dengan nama blog yang sudah aku jelaskan di poin pertama.

Kalau kamu bingung caranya memilih nama domain yang tepat, klik disini untuk belajar cara memilih nama domain yang berkaitan dengan niche blogmu.

Ada beberapa ekstensi domain paling populer yang dipakai para blogger, dan kamu bebas untuk memilihnya. Contohnya:

  • .com
  • .org
  • .co.id (perlu mendaftarkan nama usaha atau legalitas usaha)
  • .id
  • .net
  • .xyz
  • dan sebagainya.

Kamu bebas memilih ekstensi untuk nama domainmu. Tapi, karena kamu mau membuat blog pribadi, aku menyarankan untuk memilih ekstensi domain (.com). Karena ekstensi domain (.com) cenderung meningkatkan kepercayaan pembaca pada konten-kontenmu.

4. Install WordPress

Instalasi WordPress bagian dari cara membuat blog
Sumber gambar: Unsplash

Kalau pembelian hostingmu sudah selesai, sekarang waktunya untuk instalasi WordPress. Proses instalasi WordPress kita lakukan dengan masuk ke cPanel terlebih dahulu. Informasi login cPanel biasanya dikirim melalui e-mail.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Login cPanel.
  • Pada menu sebelah kiri, pilih “WordPress Manager by Softaculous“.
  • Setelah masuk ke menu WordPress Management, pilih “Install“. Kalau kamu udah pernah install WordPress, disitu juga akan muncul domain websitemu.
Proses Instalasi WordPress(1)
  • Setelah itu pilih nama domain yang ingin kamu install WordPress. Untuk kolom “In Directory”, kamu biarkan kosong aja.
Proses Instalasi WordPress 2
  • Kalau sudah menentukan domain yang mau dipasangi WordPress, scroll kebawah sampai kolom “Site Settings“.
Proses Instalasi WordPress 3
  • Site Name: Isi dengan nama blog yang sudah kamu tentukan di langkah awal.
  • Site Description: Deskripsi tentang konten didalam blog milikmu akan berisi apa.
  • Admin Username: Informasi username untuk login ke dashboard WordPress.
  • Admin Password: Informasi password untuk login ke dashboard WordPress.
  • Admin Email: Email yang akan mendapatkan informasi login ke dashboard WordPress.
  • Setelah mengisi semua kolom pada Site Settings, scroll ke paling bawah sampai ketemu tombol “Install“. Untuk kolom “Email installation details to:” isi dengan email aktif kamu (Gmail).
Proses Instalasi WordPress 4

Setelah kamu klik tombol “Install“, kamu akan menunggu proses instalasi selesai. Biasanya tidak lebih dari 1 menit. Nanti setelah proses instalasi selesai, domain kamu sudah bisa diakses dan kamu akan diberikan link untuk login ke halaman dashboard WordPress kamu (https://namablogmu.com/wp-admin).

Sampai sini kamu sudah selesai membuat blog menggunakan WordPress. Tentu aja blogmu masih menggunakan tema bawaan dari WordPress dan itu akan kita ubah di langkah selanjutnya.

5. Install Tema WordPress

Memilih tema untuk tampilan WordPress kamu, juga bagian dari cara membuat blog. Saat kamu memilih tema tentu tidak boleh sembarangan, karena akan mempengaruhi tampilan fungsi dari blogmu. Ada banyak tema WordPress yang berbayar dengan fitur-fitur yang tentunya diunggulkan. Tapi karena kamu baru membuat blog, aku sarankan untuk menggunakan tema gratis terlebih dahulu

Tema WordPress gratis Astra
Sumber gambar: WP Astra

Aku sangat menyarankan untuk memasang tema WordPress gratis Astra. Saat kamu pertama kali membuat blog, tentunya kamu tidak mau repot dengan mendesain blog kamu dari awal. Nah, tema WordPress Astra ini menyediakan banyak tampilan blog yang udah jadi dan kamu hanya tingggal pasang aja. Klik disini untuk melihat template blog siap pakai dari Astra.

Untuk mengganti tema, kamu bisa akses dengan masuk ke menu “Tampilan > Tema > Tambah Baru“. Pilih filter “Populer” dan pilih tema “Astra“.

Tema wordpress gratis terbaik

6. Membuat Postingan Blog

Saat membuat blog baru, proses yang paling kita tunggu-tunggu adalah menulis konten. Kamu bisa menuangkan seluruh ide dan pikiran ke dalam konten tersebut. Mulai dari sinilah proses jangka panjangmu akan dimulai.

Menulis konten blog pertama

Cara Membuat Blog dan Menghasilkan Uang Dari Internet: Kesimpulan

Membangun sebuah blog itu merupakan perjalanan jangka panjang. Kita tidak bisa berharap untuk menghasilkan uang dari internet khususnya dari blog kita dalam waktu 1 bulan aja. Konsistensi dan yakin adalah kunci sukses untuk mengembangkan sebuah blog.

Dimulai dari cara membuat blog pribadi sampai bisa menghasilkan uang dari internet itu membutuhkan waktu yang panjang. Kita harus rutin membuat konten, memberikan konten atau artikel yang bernilai untuk pembaca, dan memperhatikan teknik SEO di setiap konten yang kita tulis.

Tapi aku berharap kita bisa belajar bareng cara membuat blog pribadi kita bisa menghasilkan uang dari internet dan kita bisa mengembangkan blog sebagai bisnis digital kita di masa depan. Semangat bro!

Share.

Namaku Imam Fauzi, teman baikmu di dunia blogging. Senang banget bisa belajar bareng dan berbagi tentang cara membuat blog yang keren dan bisa menghasilkan uang dari internet.

Leave A Reply

Belajar membuat blog pribadi dan menghasilkan uang dari internet bareng Imam Fauzi. Aku mempublikasikan konten-konten terbaik tentang belajar blogging dan SEO.

Navigasi

Berlangganan Konten Update

© Copyright 2024